Pages

Posting Khusus Analisis Video "Democracy is Yet to Learn"





Ini analisi kedua dari kelompok kami yterhadap video yang berjudul "Democracy is Yet to Learn"
berikut adalah analisis dari kelompk kami :


Berdasarkan dari film pendek yang berjudul “Democracy is Yet to Learn(Masih Belajar Demokrasi)” ini, dapat kami analisiskan bahwa demokrasi adalah salah satu pertanyaan yang biasa ditanyakan guru kepada muridnya. Yang mana pertanyaan itu biasa dipertanyakan seperti “apa itu demokrasi?”. Dari pertanyaan inilah yang tidak akan ada habisnya untuk bisa dijawab dari generasi ke generasi.
Film ini mencoba untuk menggambarkan demokrasi yang ada di Indonesia. Yang mana dari film ini kesenjangan sosial, kemiskinan, dan Pemimpin yang egois masih mewarnai kehidupan demokrasi di Indonesia.
Hal ini dapat dilihat dari film tersebut, Di mana seorang guru menulis pertanyaan di papan apa itu demokrasi. Namun tak ada seorang pun yang bisa menjawab, melainkan menunjukkan sikap dari tiap – tiap profesi yang ada di dalam kelas tersebut. Dan tiap karakter saling melempar tanggung jawab dan menggeleng.
Di mana saat seorang petani mencoba untuk menjawab penegak hukum lebih dulu membungkamnya. Lalu saat anggota dewan akan menjawab, dia sudah ditutup mulutnya dengan uang dari pengusaha. Dan juga profesi lainnya seperti dokter, insinyur, aktivis, serta selebriti, yang sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing.
Sampai akhirnya seorang anak SD memberanikan dirinya untuk maju ke depan dan mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Saat spidol sudah di tangan, dan anak tersebut kebingungan mau menulis apa. Pada saat ingin mulai menulis, bel pulang sekolah berbunyi dan anak tersebut tidak menjawabnya. Pada akhirnya tidak ada satu pun yang bisa menjawab apa itu demokrasi, namun jawaban dari film tersebut “Demokrasi adalah masih belajar”.

Dari sepenggalan pendek film ini, kami menyimpulkan bahwa demokrasi di Indonesia belumlah sempurna dan masih perlu banyak belajar. Karena demokrasi bukanlah objek, melainkan satu prosesdan proses itu baru dirasakan belakangan ini.

0 komentar:

Posting Komentar